Kenapa Paket JNE Tidak Bergerak Hari Ini 2024? Ini Penyebabnya!

Ajiz Cahyono

Ketika menggunakan jasa ekspedisi JNE untuk melakukan pengiriman, ada beberapa konsumen yang mendapati kendala seperti paket tidak bergerak. Kiriman JNE bermasalah ini dapat dilihat dari status pengiriman barang di JNE tidak bergerak 2 hari atau lebih.

Ketika masalah ini terjadi di pengiriman paket JNE kalian tentu akan mengganggu dan khawatir barang kiriman tidak sampai ke alamat. Namun sebenarnya kenapa paket JNE tidak bergerak hari ini?

Ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan kenapa paket JNE tidak bergerak lebih dari 2 hari. Misalnya adanya keterlambatan update status pengiriman JNE, adanya penundaan pengiriman dan beberapa masalah teknis lainnya.

Nah pada artikel kali ini, Tomorrowsuite.com akan menyajikan rangkuman lengkap terkait penyebab kenapa paket JNE tidak bergerak hari ini. Untuk mengetahui apa saja masalah yang membuat status pengiriman JNE tidak bergerak, silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Penyebab Kenapa Paket JNE Tidak Bergerak

Barang kiriman JNE bermasalah tidak bergerak dapat diakibatkan oleh pihak penjual, jasa ekspedisi, kurir maupun penerima itu sendiri. Pasalnya ketika paket tidak bergerak pada suatu jasa ekspedisi dapat disebabkan oleh masalah teknis maupun adanya kesalahan dari petugas, pengirim dan penerima.

Masalah JNE tidak bergerak sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan apabila belum melebihi batas estimasi waktu pengiriman. Namun ketika sudah melewati batas estimasi waktu yang telah ditentukan, maka kalian wajib mengetahui beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Paket Belum Diproses Penjual

Penyebab kenapa barang kiriman JNE tidak bergerak pertama yaitu karena pihak penjual sebagai pengirim belum memproses pesanan. Biasanya hal ini terjadi ketika kalian menggunakan jasa ekspedisi JNE untuk mengirimkan pesanan dari aplikasi Tokopedia, Shopee, Lazada atau beberapa E-Commerce lainnya.

2. Pengiriman Paket Masih Berjalan

Penyebab kenapa paket JNE tidak bergerak kedua yaitu karena adanya proses pengiriman yang sedang berjalan (On Process). Masalah JNE tidak bergerak ini dapat dikarenakan barang kiriman belum sampai di titik atau point tertentu. Sehingga pihak jasa ekspedisi JNE belum memperbarui status pengiriman.

3. Keterlambatan Update Resi

Penyebab barang kiriman JNE tidak bergerak ketiga yakni adanya keterlambatan update resi yang dilakukan pihak ekspedisi. Hal ini bisa dikarenakan memang paket belum sampai di titik tertentu maupun adanya masalah teknis lainnya yang membuat petugas terlambat update status pengiriman.

4. Penundaan Pengiriman Paket

Penyebab status kiriman JNE tidak bergerak keempat yakni karena adanya penundaan pengantaran barang. Hal ini dapat terjadi ketika petugas kurir Ekspedisi maupun kurir Sprinter mengalami kendala dalam mengantarkan paket ke alamat. Misalnya sedang hujan lebat, bencana alam maupun terjebak kemacetan.

5. Adanya Masalah Teknis

Penyebab kenapa paket JNE tidak bergerak selanjutnya yaitu karena adanya masalah teknis. Baik masalah teknis yang disebabkan oleh pengirim yang salah menuliskan alamat maupun adanya masalah teknis yang disebabkan oleh sistem JNE. Sehingga masalah ini membuat pihak ekspedisi JNE tidak bisa memperbarui data terkini dari proses pengiriman berlangsung.

6. Overload di Gudang JNE

Penyebab kenapa barang kiriman JNE tidak bergerak yang terakhir yaitu karena gudang atau cabang tertentu mengalami Overload. Sehingga ketika gudang atau agen terdekat kewalahan dalam melayani pengiriman paket JNE, bisa membuat status pengiriman tidak berubah selama 2 hari atau lebih.

Nah setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, kalian tidak perlu khawatir apabila terjadi paket JNE bermasalah tidak gerak atau paket JNE lama sampai. Untuk mengetahui apa saja cara mengatasi status pengiriman JNE tidak bergerak, silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Solusi Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak

Secara umum, konsumen biasanya akan mengatasi barang kiriman JNE tidak bergerak dengan langsung hubungi pihak pengirim maupun jasa ekspedisi terdekat. Namun sebelum itu, pelanggan JNE juga biasanya melakukan cek resi terlebih dahulu secara berkala.

Sehingga nantinya bisa mendapatkan update terkait paket pengiriman yang tidak bergerak tersebut. Apabila sudah melebihi estimasi waktu pengiriman, maka silahkan gunakan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi kiriman JNE tidak bergerak:

1. Hubungi Pengirim

Cara mengatasi paket JNE tidak bergerak pertama yakni dengan menghubungi pihak penjual atau pengirim. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa paket kiriman sudah diserahkan ke pihak jasa ekspedisi JNE. Kalian bisa langsung chat ke penjual lewat aplikasi Marketplace terkait maupun lewat chat Whatsapp.

2. Cek Resi JNE Secara Berkala

Cara mengatasi barang kiriman JNE tidak bergerak kedua yaitu dengan melakukan cek resi secara berkala. Hal ini dilakukan untuk terus memantau perkembangan proses pengiriman paket di JNE.

Melacak paket JNE harus dilakukan sampai batas estimasi waktu pengiriman yang ditetapkan pada suatu produk atau layanan JNE. Sehingga ketika sudah lewat batas estimasi waktu kirim JNE, kalian perlu lakukan beberapa solusi lainnya.

3. Hubungi Cabang JNE Terdekat

Cara mengatasi paket JNE tidak bergerak ketiga yaitu dengan menghubungi gudang, cabang, agen atau kantor JNE terdekat. Dengan hubungi petugas customer service atau admin kantor JNE terdekat nantinya kalian bisa mendapatkan informasi lebih detail dan valid mengenai update barang kiriman yang tidak bergerak.

4. Hubungi Kurir JNE Terdekat

Solusi mengatasi kiriman JNE tidak bergerak keempat yakni dengan menghubungi kurir JNE terdekat yang bertugas membawa atau mengantarkan barang. Namun kalian wajib mengetahui nomor kurir maupun mengecek nama kurir JNE terlebih dahulu. Sehingga nantinya kalian bisa mendapatkan informasi terkini dari proses pengiriman JNE tidak bergerak tersebut.

5. Hubungi Call Center JNE Pusat

Solusi mengatasi status pengiriman JNE tidak bergerak selanjutnya yakni dengan menghubungi call center JNE pusat 24 jam. Hal ini perlu dilakukan apabila masalah paket tidak bergerak tidak dapat diatasi oleh kurir atau kantor cabang terdekat. Sehingga nantinya kalian bisa mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi kiriman JNE tidak bergerak tersebut.

6. Jemput Paket di Agen JNE

Solusi mengatasi paket JNE tidak bergerak yang terakhir yakni dengan menjemput paket secara mandiri di gudang atau agen terdekat. Hal ini bisa dilakukan apabila posisi paket sudah berada di kantor atau agen JNE terdekat di alamat penerima. Sehingga hal ini bisa mempercepat proses penerimaan barang kiriman di JNE.

Nah setelah mengetahui beberapa cara mengatasi di atas, sekarang seperti apa contoh status pengiriman JNE tidak bergerak? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Contoh Status Pengiriman JNE Tidak Bergerak

Seperti sudah kami singgung di awal, bahwa untuk melihat status pengiriman JNE tidak bergerak dapat dilihat ketika melakukan tracking atau pelacakan. Baik lewat situs cek resi resmi JNE maupun lewat pelacakan paket di aplikasi E-Commerce terkait. Berikut adalah contoh status pengiriman JNE tidak berubah atau tidak bergerak lebih dari 2 hari:

Tips Mencegah Pengiriman JNE Bermasalah

Nah untuk mencegah adanya kiriman JNE bermasalah, kalian bisa lakukan beberapa tips. Berikut adalah tips untuk mencegah kiriman barang di JNE tidak bergerak:

  • Pastikan kalian menulis alamat, nama dan nomor telepon penerima yang jelas dan valid.
  • Pastikan pengirim atau Seller sudah memproses pesanan dengan segera (sebelum melebihi batas waktu pemrosesan pesanan).
  • Pastikan selalu menggunakan produk atau layanan pengiriman JNE yang direkomendasikan penjual atau jasa ekspedisi. Misalnya menggunakan JNE REG, JNE YES, JNE OKE, JNE Trucking atau lainnya.
  • Pastikan selalu melacak resi paket JNE secara berkala.
  • Ketika sudah terlihat tanda atau gejala paket JNE bermasalah, silahkan lakukan dengan beberapa solusi yang tepat seperti sudah disebutkan di atas.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa penyebab kenapa paket JNE tidak bergerak 2 hari atau lebih dapat dikarenakan adanya keterlambatan update resi, adanya kendala di proses pengiriman maupun adanya proses pengiriman yang masih berlangsung.

Sedangkan untuk mengatasi barang kiriman JNE tidak bergerak dapat dilakukan dengan hubungi pengirim, hubungi kantor JNE dan kurir terdekat maupun dengan datang langsung ke agen JNE terdekat untuk mengambil barang secara mandiri.

Bagikan:

Photo of author

Ajiz Cahyono

Menjadi seorang penulis di website telah menjadi karir saya selama lebih dari 5 tahun. Sampai saat ini masih aktif sebagai penulis di beberapa website, salah satunya Tomorrowsuite.com.

Tinggalkan komentar