Gaji Kurir Anteraja Per Paket, Syarat dan Cara Melamar 2024

Ajiz Cahyono

Besaran gaji sebagai kurir jasa ekspedisi Anteraja memang cukup menggiurkan. Tidak jarang calon kurir Anteraja ingin ketahui besaran upah pokok, tunjangan atau bonus yang didapatkan. Baik besaran gaji per hari, per bulan maupun per paket yang berhasil dikirimkan.

Ketika akan melamar kerja sebagai kurir Anteraja, ada beberapa syarat yang perlu dipersiapkan. Misalnya menyiapkan persyaratan umum maupun persyaratan khusus seperti kelengkapan dokumen dan lainnya.

Selain itu, tidak sedikit pula calon kurir Anteraja yang bingung apa saja tugas pokok dan seperti apa sistem kerjanya. Sehingga sebelum memutuskan melamar kerja sebagai petugas pengantaran paket Anteraja sudah ketahui besaran gaji, tugas dan sistem kerjanya.

Oleh karena itu kami akan menyajikan rangkuman mengenai besaran gaji kurir Anteraja beserta tugas pokok, syarat melamar dan cara mendaftar sebagai kurir Anteraja. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu pengertian tentang apa itu Satria kurir Anteraja berikut ini.

Apa Itu Satria Kurir Anteraja?

Apa Itu Satria Kurir Anteraja
Source: Facebook

Istilah Satria pada ekspedisi Anteraja merupakan penyebutan bagi pegawai atau karyawan (PT Tri Adi Bersama) yang bertugas mengambil dan mengantarkan paket pelanggan. Biasanya istilah Satria kurir akan ditemukan ketika melakukan Tracking menggunakan resi pengiriman Anteraja. Baik pada hasil Tracking dalam proses pengantaran maupun pada hasil Tracking paket sudah sampai.

Begitu juga nantinya kalian yang telah diterima sebagai kurir Anteraja, maka akan disebut sebagai Satria kurir Anteraja. Sebagai Satria kurir Anteraja, kalian juga perlu ketahui apa saja jenis kurir dan apa saja tugas pokoknya. Untuk ketahui apa saja tugas pokok kurir Anteraja, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Tugas Pokok Kurir Anteraja

Pada jasa pengiriman Anteraja, setidaknya ada 2 tugas pokok atau Jobdesk karyawan sebagai kurir. Yaitu Jobdesk sebagai kurir ekspedisi dan kurir Sprinter Anteraja.

Kedua Jobdesk kurir Anteraja ini berlaku pada proses pengiriman barang dalam kota maupun luar kota. Berikut adalah tugas pokok kurir Anteraja untuk masing-masing Jobdesk nya.

Kurir Ekspedisi

Tugas Kurir Ekspedisi Anteraja
Source: everpro.id

Tugas pokok kurir Anteraja pertama yaitu untuk bagian ekspedisi. Kurir ekspedisi Anteraja memiliki tugas utama untuk mengirim paket dengan jumlah dan ukuran besar. Baik dari kantor atau gudang di cabang satu ke cabang lainnya di dalam maupun luar kota.

Biasanya kurir bagian ekspedisi Anteraja beroperasi menggunakan mobil Box. Sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan kurir ekspedisi Anteraja lebih banyak bertugas mengantarkan atau mendistribusikan paket dari cabang satu ke cabang lainnya. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga kurir ekspedisi Anteraja akan melakukan pengantaran langsung ke alamat tujuan.

Kurir Sprinter

Tugas Kurir Sprinter Anteraja
Source: industri.kontan.co.id

Tugas pokok kurir Anteraja kedua yakni untuk bagian Sprinter Satria. Kurir Sprinter Satria Anteraja bertugas sebagai pengantar barang kiriman sampai ke alamat rumah penerima.

Selain memiliki tugas pokok sebagai pengirim paket, kurir Sprinter Satria Anteraja juga bertugas menjemput pesanan Pick Up. Biasanya kurir Satria Sprinter bekerja menggunakan kendaraan roda dua atau motor. Sehingga bisa menjangkau alamat di gang sempit, medan sulit maupun ke wilayah pelosok negeri.

Semua posisi kurir Anteraja tentunya berhubungan erat dalam proses pendistribusian dan pengantaran paket. Sehingga dalam kedua tugas pokok kurir Anteraja di atas tidak terlalu berbeda satu sama lainnya.

Nah setelah ketahui apa saja tugas pokok Satria Anteraja, sekarang seperti apa sistem kerja sebagai kurir Anteraja? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Sistem Kerja Kurir Anteraja

Sistem Kerja Kurir Anteraja
Sistem Kerja Kurir Anteraja

Perlu diketahui, ada beberapa informasi seputar sistem kerja sebagai kurir Anteraja. Baik mengenai kontrak kerja, jadwal kerja dan beberapa informasi lainnya terkait cara kerja kurir Anteraja.

Informasi seputar sistem kerja ini sangat berguna bagi kalian yang akan melamar kerja sebagai kurir Anteraja. Sehingga informasi ini dapat dimanfaatkan sebagai gambaran seperti apa kerjanya. Sistem kerja kurir Anteraja diantaranya sebagai berikut:

Kontrak Kerja

Sistem kerja kurir Anteraja pertama yakni mengenai kontrak. Ada beberapa kontrak kerja kurir Anteraja yang perlu diketahui. Misalnya seperti masa kontrak kerja awal kurir, penempatan area dan jenjang karir. Berikut sekilas mengenai kontrak kerja kurir Anteraja secara umum:

  • Bagi karyawan baru bergabung sebagai kurir Anteraja akan mengikuti masa kontrak kerja selama 3 sampai 6 bulan. Masa kontrak pertama sebagai kurir Anteraja bisa dikatakan sebagai masa Training. Namun dalam masa Training, kurir sudah mendapatkan gaji sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Setelah masa kontrak (Training) berakhir, kurir berhak mendapatkan kesempatan menjadi karyawan tetap. Hal ini sangat menguntungkan bagi kurir Anteraja baru yang ingin mengikuti jenjang karir.
  • Umumnya penempatan kurir Anteraja sesuai dengan alamat domisili. Namun tidak menutup kemungkinan juga di pindah ke lokasi jauh dari alamat domisili (menyesuaikan kebutuhan pegawai Anteraja). Hal ini akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau cabang mana yang membutuhkan kurir Anteraja.

Jadwal Kerja

Sistem kerja kurir Anteraja kedua yakni untuk jadwal kerja. Informasi seputar jadwal kerja kurir Anteraja dibagi menjadi Jobdesk kurir ekspedisi dan kurir Sprinter. Dimana kedua Jobdesk kurir Anteraja tersebut memiliki ketentuan jadwal kerja yang berbeda.

Namun secara umum, jadwal kerja kurir ekspedisi dan Sprinter memiliki jam kerja yang tidak terlalu jauh. Yakni mulai dari hari Senin sampai Minggu. Berikut adalah jadwal kerja kurir ekspedisi dan Sprinter Anteraja:

  • Kurir Anteraja memiliki jadwal kerja mulai dari Senin sampai Minggu.
  • Kurir ekspedisi Anteraja memiliki tanggung jawab pengiriman selama 24 jam (dihitung untuk pengiriman barang antar kota dan antar provinsi).
  • Kurir Sprinter Satria Anteraja memiliki tanggung jawab pengiriman paket mulai dari jam 08.00 sampai 20.00 WIB (12 jam per hari)

Sistem kerja kurir Anteraja di atas hanya dilihat dari gambaran umumnya saja. Untuk informasi sistem kerja lebih spesifik bisa kalian dapatkan setelah melakukan pendaftaran dan mendapatkan informasi terkait kontrak kerja, jadwal kerja maupun penjelasan sistem kerja kurir Anteraja lainnya.

Nah setelah ketahui tugas pokok dan sistem kerja, sekarang berapa besaran gaji petugas Satria Anteraja? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Gaji Kurir Anteraja

Gaji Satria Kurir Anteraja
Source: ojolakademi.com

Pada pembahasan kali ini, kami akan menyajikan beberapa besaran gaji pengantar paket Anteraja. Mulai dari besaran gaji kurir per paket, per hari dan per bulan.

Namun perlu digaris bawahi, bahwa besaran gaji Sprinter Anteraja ini hanya gambaran saja. Pasalnya setiap wilayah dan cabang bisa saja memiliki besaran gaji kurir yang berbeda. Daftar gaji Satria Anteraja per paket, harian dan bulanan adalah sebagai berikut:

Gaji Per Paket

Informasi gaji kurir Anteraja pertama yaitu untuk per paket. Yang dimaksud gaji Anteraja per paket disini yakni ongkos atau upah yang dihitung setelah Satria Anteraja berhasil mengantarkan paket sampai dengan penerima.

Kurir Anteraja akan mendapatkan ongkos sekitar Rp. 1.500 per resi setelah paket berhasil dikirim ke alamat tujuan. Ongkos kirim paket Anteraja per resi bisa saja setiap cabang, wilayah atau kota memiliki besaran berbeda-beda. Pasalnya hal ini ditentukan oleh pihak cabang Anteraja itu sendiri.

Gaji Per Hari

Informasi gaji kurir Anteraja kedua yakni untuk per hari. Yang dimaksud dengan gaji Satria Anteraja per hari disini yakni untuk akumulasi jumlah paket yang berhasil dikirim ke penerima.

Sebagai contoh, kurir Anteraja dalam 1 hari (8 sampai 12 jam kerja) berhasil mengantarkan paket ke alamat tujuan dengan total 35 paket. Maka gaji kurir per hari dapat dihitung 35 paket X Rp. 1.500. Sehingga dapat disimpulkan kurir Anteraja bisa mendapatkan upah sebanyak Rp. 52.500 per hari.

Gaji Per Bulan

Gaji kurir Anteraja selanjutnya yaitu untuk per bulan. Gaji Satria Anteraja per bulan dapat dijumlahkan dari pendapatan upah kirim per hari ditambah gaji pokok (UMK atau UMR) per bulan, tunjangan dan bonus insentif.

Sebagai contoh, kurir Anteraja pada sebuah kota atau kabupaten memiliki besaran UMK sebesar Rp 2.118.124 dan pendapatan upah pengiriman paket per resi Rp 1.575.000. Maka dapat disimpulkan gaji Satria Anteraja per bulan sekitar Rp 2.118.124 + Rp 1.575.00 = Rp 3.693.124.

Gaji Satria Anteraja per bulan tersebut belum termasuk tunjangan, bonus dan potongan. Untuk ketahui besaran tunjangan, bonus dan potongan gaji, silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Tunjangan dan Bonus Kurir Anteraja

Tunjangan dan Bonus Kurir Anteraja
Source: cilacap.pikiran-rakyat.com

Ada beberapa tunjangan atau bonus sebagai kurir Anteraja. Baik sebagai kurir Sprinter maupun kurir ekspedisi Anteraja. Rincian tunjangan dan bonus kurir Anteraja diantaranya sebagai berikut:

  • Uang makan harian (Meal Allowance).
  • Uang transport.
  • Biaya perawatan kendaraan, misalnya seperti service, ganti oli dan lainnya.
  • Bonus Insentif ketika kurir mencapai target bulanan.
  • Bonus Overtime.
  • Tunjangan Hari Raya (satu kali setahun).

Jika dilihat secara umum, biasanya kurir Anteraja akan mendapatkan tambahan berupa tunjangan dan bonus sekitar Rp 500.000 sampai Rp 600.000. Setiap kurir Anteraja bisa saja mendapatkan tunjangan operasional dan bonus yang berbeda-beda.

Potongan Gaji Satria Anteraja

Potongan Gaji Satria Anteraja
Source: ojolakademi.com

Selain mendapatkan bonus atau tunjangan, kurir Anteraja juga akan mendapatkan potongan. Misalnya untuk iuran BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Penalti dan potongan lainnya. Besaran potongan gaji Satria Anteraja tersebut setiap cabang juga memiliki ketentuan sendiri-sendiri.

Bisa saja cabang Anteraja tidak memberlakukan potongan gaji karena karyawan juga tidak diberikan tunjangan atau fasilitas yang lengkap dibanding agen Anteraja lainnya. Namun secara umum, hampir semua cabang Anteraja memberlakukan potongan gaji setiap bulan untuk iuran BPJS dan lainnya.

Umumnya, potongan gaji Satria Anteraja mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 350.000. Hal ini ditentukan sesuai kebijakan dari cabang atau perusahaan ekspedisi Anteraja. Besar kecilnya potongan gaji ini juga ditentukan oleh seberapa banyak penalti yang harus dibayarkan oleh kurir.

Rincian Gaji Kurir Anteraja Per Bulan

Dari beberapa pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa rincian gaji Satria Anteraja dihitung dari gaji pokok ditambah tunjangan dan bonus lalu dikurangi potongan atau iuran. Dari contoh perhitungan di atas, dapat dihitung bahwa gaji Satria Anteraja yaitu Rp 3.693.124 + Rp 500.000 – Rp 350.000 = Rp 3.843.124.

Namun jika dilihat dari perhitungan gaji Satria Anteraja secara rata-rata di seluruh wilayah Indonesia yaitu sekitar Rp 2,9 jutaan sampai Rp 4,5 jutaan. Besar kecilnya bayaran bulanan kurir Anteraja ditentukan dari seberapa besar nominal UMK atau UMR dan total tunjangan yang didapatkan oleh kurir.

Contoh Slip Gaji Kurir Anteraja

Sebagai tambahan informasi bagi kalian semuanya, berikut ini akan kami sajikan contoh slip gaji Satria Anteraja. Berikut adalah contoh gambar slip gaji Anteraja sebagai Admin Satria:

Contoh Slip Gaji Kurir Anteraja
Source: Channel Youtube Duniane Munandar

Setelah ketahui informasi lengkap tentang besaran upah bulanan sebagai kurir Anteraja, sekarang apa saja syarat dan cara melamar kerja sebagai kurir Anteraja? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Syarat Melamar Kerja Kurir Anteraja

Syarat Melamar Kerja Kurir Anteraja
Source: rekrutaja.anteraja.id

Perlu diketahui, bahwa kurir Anteraja (Mitra Sahabat Satria) memiliki tanggung jawab sebagai kurir untuk melakukan distribusi pengantaran barang, pengambilan barang (Pick Up) dari pesanan pelanggan atau konsumen maupun untuk bagian gudang.

Ada beberapa persyaratan melamar kerja sebagai kurir Anteraja. Baik persyaratan umur, pendidikan, dokumen dan lainnya. Berikut adalah persyaratan melamar kerja sebagai kurir Anteraja:

  • Warga Negara Indonesia (Pria atau Wanita).
  • Memiliki pendidikan minimal SMA atau sederajat.
  • Memiliki usia maksimal 50 tahun.
  • Memiliki Smartphone dengan spesifikasi RAM minimal 3 GB dan sistem operasi terbaru (Android 6.0 atau lebih tinggi).
  • Memiliki kendaraan pribadi dengan tahun produksi di atas 2012 (lebih diutamakan jenis motor matic atau bebek).
  • Kendaraan pribadi memiliki STNK dan pajak motor aktif (minimal 3 bulan sebelum masa berlaku habis).
  • Memiliki SIM C aktif.
  • Mampu membaca peta atau Google Maps.

Sebelum memutuskan melamar kerja sebagai kurir Anteraja, alangkah baiknya sudah ketahui bahwa kalian sudah lolos kualifikasi utama. Misalnya seperti umur, memiliki kendaraan pribadi maupun sudah memiliki SIM C.

Sedangkan persyaratan lainnya dapat dikatakan sebagai pendukung ketika melamar kerja. Pasalnya bisa saja pihak Anteraja akan memberikan fasilitas berupa motor maupun Smartphone untuk memudahkan kerja kurir. Hal ini tentunya tidak semua agen Anteraja menyediakan fasilitas motor maupun Smartphone bagi petugas kurir nya.

Cara Jadi Kurir Anteraja

Cara Jadi Kurir Anteraja
Source: rekrutaja.anteraja.id

Setelah mengetahui beberapa syarat daftar di atas, sekarang bagaimana cara melamar kerja sebagai Anteraja. Kalian yang berniat kerja sebagai kurir Anteraja bisa mendaftar atau melamar melalui website resmi Anteraja maupun lewat kantor cabang terdekat.

Sehingga selain melamar sebagai kurir Anteraja secara offline, kalian bisa lakukan pendaftaran secara online. Berikut adalah cara melamar kerja kurir Anteraja secara online:

  • Langkah pertama, pastikan kalian memenuhi kualifikasi lowongan kerja kurir Anteraja.
  • Langkah kedua silahkan siapkan dan penuhi semua persyaratan mendaftar kurir Anteraja.
  • Langkah ketiga silahkan kunjungi halaman rekrutmen kurir Anteraja. Kalian bisa kunjungi laman https://rekrutaja.anteraja.id/.
  • Selanjutnya silahkan cari dan pilih lowongan Mitra Sahabat Satria.
  • Setelah itu silahkan isi semua formulir pendaftaran kurir Anteraja. Yaitu dengan upload foto E-KTP, lalu lakukan verifikasi KTP.
  • Kemudian silahkan ikuti semua instruksi atau tahapan melamar kerja sebagai kurir Anteraja.
  • Setelah lamaran diterima oleh pihak Anteraja, nantinya kalian akan mendapatkan jadwal tes maupun interview dengan pihak Anteraja.

Kemudian bagi kalian yang berniat melamar kerja kurir Anteraja secara offline, bisa lakukan dengan kunjungi kantor Anteraja terdekat. Setelah itu temui admin atau petugas kantor Anteraja terdekat untuk menanyakan lowongan dan memberikan semua persyaratan yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa besaran gaji kurir Anteraja sekitar Rp. 1.500 per paket (per resi selesai dikirim). Sedangkan untuk gaji Satria Anteraja per bulan yakni sekitar Rp 2,9 jutaan sampai dengan Rp 4,5 jutaan.

Besaran gaji kurir pada ekspedisi ini akan disesuaikan dengan gaji pokok (masing-masing wilayah), tunjangan dan bonus insentif kurir itu sendiri. Semakin besar gaji pokok, maka gaji kurir semakin besar.

Sekian artikel kali ini tentang upah bulanan kurir Anteraja. Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan kalian semuanya yang berniat untuk melamar kerja sebagai kurir Anteraja.

Bagikan:

Photo of author

Ajiz Cahyono

Menjadi seorang penulis di website telah menjadi karir saya selama lebih dari 5 tahun. Sampai saat ini masih aktif sebagai penulis di beberapa website, salah satunya Tomorrowsuite.com.