6 Cara Pengiriman Frozen Food via JNE dan Tarif 2024

Anang Dwi

Mengirim makanan beku atau frozen food kini sudah bisa dilakukan dengan mudah dengan beragam jasa ekspedisi di Indonesia, salah satunya yaitu JNE. Lalu, apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara pengiriman frozen food via JNE? Berapakah tarif atau biayanya?

Secara garis besarnya, JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman terpercaya menawarkan solusi pengiriman frozen food secara efektif. Akan tetapi, hal tersebut bisa terwujudkan apabila setiap pelanggan mengetahui bagaimana cara pengiriman frozen food via JNE yang baik dan benar.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya di dalam alur pengiriman frozen food via JNE, terdapat beberapa hal penting untuk diperhatikan. Tujuannya yaitu agar nantinya paket kiriman frozen food bisa sampai dengan selamat di alamat tujuan tanpa kerusakan adanya sedikitpun.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian berencana ingin mengirim frozen food melalui jasa ekspedisi JNE, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu tata caranya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara pengiriman frozen food via JNE disertai tarif hingga keuntungannya.

Cara Pengiriman Frozen Food via JNE

Tata Cara Pengiriman Frozen Food via JNE

Seperti sudah disinggung di awal, JNE dapat dijadikan sebagai opsi terbaik ketika ingin mengirim makanan beku atau frozen food, entah itu di dalam maupun ke luar kota. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab JNE mempunyai beberapa layanan khusus yang bisa pelanggan manfaatkan untuk kegiatan pengiriman frozen food.

Selain itu, JNE juga sudah terkenal dengan jaringannya yang luas, bahkan telah tersedia di hampir seluruh wilayah Indonesia. Meskipun menawarkan sejumlah keunggulan, akan tetapi supaya paket frozen food bisa sampai dengan aman di alamat tujuan, dibutuhkan adanya pengemasan atau packing dengan baik dari pengirim.

Hal inilah yang seringkali dicari oleh para pelaku bisnis online, reseller maupun dropshipper dalam menjalankan usahanya. Mereka tentu harus memahami bagaimana tata cara pengemasan hingga pengiriman frozen food secara baik dan benar, termasuk ketika menggunakan jasa ekspedisi JNE.

Secara garis besarnya, pengiriman frozen food nantinya harus melalui beberapa tahapan, entah itu dari segi pemilihan jenis kemasan, proses penyusunan dan lain sebagainya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara pengiriman frozen food via JNE di bawah ini.

1. Pilih Jenis Kemasan

Langkah pertama ketika ingin melakukan pengiriman frozen food lewat JNE yaitu memilih jenis kemasan paket. Sebaiknya gunakan boz styrofoam atau kardus tebal sebagai kemasan utama. Pastikan box styrofoam tersebut kokoh dan tidak mudah penyok ketika digunakan untuk membungkus frozen food.

Jika ingin menggunakan kardus, pilih jenis kardus yang mempunyai gelombang tebal agar mampu menambah daya tahan terhadap benturan. Selain itu, hindari penggunaan kantong plastik ataupun kemasan tipis karena sangat tidak efektif dalam menjaga suhu dingin dari frozen food.

2. Susun Frozen Food dengan Rapi

Sebelum dikemas dan dikirim, pastikan terlebih dahulu bahwa frozen food dalam keadaan beku sempurna. Adapun suhu ideal frozen food biasanya berada di bawah -18 derajat celcius. Perlu diketahui, ketika frozen food tidak beku secara sempurna, maka bisa berisiko rusak atau tidak layak konsumsi.

Setelah itu, cara selanjutnya yaitu tinggal menyusun frozen food secara rapi di dalam box styrofoam atau kardus. Sisakan sedikit ruang kosong di dalam box untuk sirkulasi udara. Selain itu, jangan campurkan frozen food dengan makanan atau barang lain yang tidak beku. Sebab, hal tersebut bisa membuat frozen food mudah terkontaminasi serta rusak.

3. Gunakan Ice Gel atau Dry Ice

Cara pengiriman frozen food via JNE berikutnya yaitu penambahan ice gel atau dry ice. Jika ingin melakukan pengiriman frozen food dalam jarak dekat hingga menengah, maka penggunaan ice gel dapat diakukan untuk membuat makanan bertahan dingin selama 1 sampai 2 hari.

Sementara jika ingin membuat frozen food mampu bertahan selama 3 sampai 4 hari, maka penggunaan dry ice lebih kami rekomendasikan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan dry ice dalam kemasan frozen food membutuhkan penanganan khusus karena bisa mengeluarkan gas CO2.

Adapun tata cara pemberian ice gel atau dry ice sendiri dapat dilakukan setelah kalian melapisi frozen food menggunakan plastik wrap secara menyeluruh. Kemudian masukkan ice gel atau dry ice secukupnya di sekeliling frozen food. Setelah itu, tutup rapat box styrofoam atau kardus.

4. Tutup Rapat Paket Froozen Food

Apabila frozen food sudah tertata rapi di dalam plastik wrap dan box styrofoam atau karus, maka cara selanjutnya tinggal menutup rapat kemasan paket tersebut. Kalian bisa menggunakan lakban secukupnya untuk menutup rapat box atau kardus serta memastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan.

5. Beri Label di Kemasan

Setelah frozen food terkemas secara rapi di dalam suatu box styrofoam atau kardus, maka selanjutnya tinggal memberi label di kemasannya. Nantinya label tersebut berguna untuk memberikan informasi mengenai identitas atau alamat kirim penerima serta pengirim paket yang nantinya dikirimkan via JNE.

6. Pilih Jenis Layanan JNE

Cara terakhir di dalam proses pengiriman frozen food via JNE yaitu memilih jenis layanan pengirimannya. Sebagaimana diketahui, saat ini jasa ekspedisi JNE menawarkan cukup banyak jenis layanan pengiriman yang bisa dipilih sesuai kebutuhan serta keinginan para pelanggan.

Biaya Pengiriman Frozen Food via JNE

Biaya Pengiriman Frozen Food via JNE

Setelah memahami bagaimana tata cara pengiriman frozen food via JNE, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa biaya atau tarif ongkos kirimnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, JNE menawarkan beragam layanan pengiriman dengan estimasi waktu dan biaya yang bervariasi.

Nantinya biaya kirim frozen food via JNE akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari berat paket, jenis layanan hingga jarak tempuh pengirimannya. Sebagai contoh di area Jabodetabek, tarif kirim frozen food via JNE YES (estimasi 1 hari sampai) di mulai dari Rp 35.000.

Sementara jika ingin menggunakan layanan JNE REG untuk pengiriman frozen food dengan estimasi waktu sampai 2 sampai 3 hari, kalian perlu mempersiapkan biaya mulai dari Rp 20.000. Perlu diingat, biaya tersebut hanya sebuah perkiraan sehingga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan JNE.

Keuntungan Pengiriman Frozen Food via JNE

Keuntungan Pengiriman Frozen Food via JNE

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara pengiriman frozen food via JNE mulai dari tahap pengemasan hingga pengirimannya. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa JNE menjadi salah satu perusahaan jasa ekspedisi ternama di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang mempercayai JNE sebagai kurir dalam mengantarkan kiriman ke alamat tujuan dengan selamat. Selain itu, terdapat pula beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelanggan ketika mengirim frozen food via JNE, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Jaringan luas.
  • Pilihan jenis layanan cukup variatif.
  • Biaya atau tarif terjangkau.
  • Kemudahan dalam pelacakan paket.

Baca juga:

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini JNE menjadi salah satu pilihan jasa ekspedisi terbaik ketika ingin mengirim frozen food di dalam maupun ke luar kota. Selain biayanya tergolong cukup terjangkau, JNE juga menawarkan beragam keuntungan lainnya kepada para pelanggan.

Itulah sekiranya penjelasan dari Tomorrowsuite.com seputar cara pengiriman frozen food via JNE dilengkapi dengan biaya atau tarif kirim beserta keuntungannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin mengirim frozen food menggunakan jasa ekspedisi JNE.

Bagikan:

Photo of author

Anang Dwi

Penulis di Tomorrowsuite.com yang aktif menulis dan membagikan artikel informasi seputar bisnis, logistik dan ekspedisi, marketplace hingga tips usaha.