Cara Kirim Motor Lewat JNE 2024, Syarat dan Biaya

Giring Saputra

Cara kirim motor lewat JNE memang seringkali dicari, baik oleh pelanggan baru ataupun lama. Mengingat jenis pengiriman tersebut memang berbeda dengan mengirim barang berukuran lebih kecil.

Pada dasarnya metode pengiriman motor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara kirim koper lewat JNE. Keduanya akan membutuhkan langkah, seperti pengemasan atau packing serta terdapat sejumlah syarat.

Namun di dalam cara kirim motor lewat JNE, nantinya pelanggan akan diminta guna memilih jenis layanan di mana hendak digunakan. Umumnya pemilihan jenis pelayanan nantinya akan mempengaruhi terhadap besaran biaya ongkos kirim kendaraan tersebut.

Adapun kami telah merangkum informasi mengenai biaya ongkir, syarat beserta cara kirim motor lewat JNE secara mendetail. Apabila ingin mengetahui tentang langkah-langkahnya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Syarat Kirim Motor Lewat JNE

Syarat Kirim Motor Lewat JNE

Apabila hendak menerapkan cara kirim motor lewat JNE, maka terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi terlebih dahulu. Mengingat pihak jasa ekspedisi tersebut menerapkan persyaratan di mana wajib dipenuhi pelanggan. Jika tidak memenuhi syarat, maka secara otomatis permintaan kirim motor lewat JNE tidak diterima.

Namun di sisi lain, pihak JNE menerapkan syarat kirim motor bertujuan agar paket milik pelanggan bisa sampai tujuan dengan selamat. Oleh karena itu tak hanya mengetahui tentang cara mengirimnya saja, tetapi memahami terkait persyaratan juga menjadi hal penting. Berikut adalah syarat kirim motor lewat JNE.

  • Melampirkan dokumen STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB motor guna membuktikan kepemilikan motor. Pemilik motor juga diwajibkan membawa fotokopi dari kedua berkas tersebut.
  • Melengkapi data di formulir pengiriman motor dengan lengkap serta valid.
  • Biaya kirim motor ditentukan berdasarkan berat, jarak hingga dimensi. Ongkos kirim ini harus dibayarkan sebelum motor dikirim.
  • Pelanggan perlu menunjukkan kartu identitas diri, seperti KTP atau SIM.
  • Pengemasan motor harus rapi serta pastikan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong.

Jenis Layanan Kirim Motor Lewat JNE

Tidak hanya memahami cara ataupun syaratnya, tetapi jika ingin kirim motor lewat JNE maka terdapat jenis layanan di mana perlu kalian ketahui. Pihak jasa logistik ini memiliki sejumlah pelayanan pada pengiriman tersebut. Mulai dari JNE Cargo hingga JNE Trucking (JTR) sama-sama mempunyai layanan berkualitas.

Pihak JNE Express menyediakan beberapa layanan pada pengiriman motor bertujuan guna memberi kemudahan bagi pelanggan. Hal itu pun membuat customer dapat menentukan layanan jasa ekspedisi ini berdasarkan keperluan atau kebutuhan. Jenis layanan mengirim motor lewat JNE, meliputi:

JNE Cargo

JNE Cargo merupakan layanan dari JNE di mana menyediakan pelayanan khusus untuk pengiriman barang berukuran besar, termasuk sepeda motor. Layanan tersebut dibuat guna memenuhi kebutuhan shipper barang-barang dengan ukuran besar, berat atau memerlukan perhatian khusus saat pengemasan atau pengiriman.

Pada jenis layanan JNE Cargo dari jasa ekspedisi ini dipercaya menjadi solusi pengiriman aman, cepat serta bisa diandalkan. Tak heran jika banyak pelanggan baru menggunakan pelayanan tersebut.

JNE Trucking (JTR)

JNE Trucking (JTR) ialah layanan pengiriman di mana berfokus terhadap shipper barang menggunakan kendaraan darat seperti truk. Jenis pelayanan tersebut ditujukan guna pengiriman dengan bobot yang berat. JNE Trucking memiliki opsi shipper fleksibel terkait waktu serta jenis barang bisa dikirim.

Barang bisa dikirimkan lewat JNE Trucking minimal 10 kg. Apabila kurang dari bobot tersebut, maka bisa menggunakan layanan jenis reguler. Umumnya JNE Trucking mampu mengirimkan motor dari mesin kurang 150 cc, misalnya ada Beat hingga Scoopy.

Jenis layanan JTR juga dapat digunakan untuk mengirimkan motor berkapasitas mesin kurang lebih 150 – 250 cc seperti Nmax maupun Ninja. Terlebih JNE Trucking bisa dimanfaatkan guna melakukan pengiriman dengan ketentuan mesin motor di atas 250 CC.

Cara Kirim Motor Lewat JNE

Cara Mengirim Motor Lewat JNE

JNE termasuk sebagai salah satu jasa ekspedisi terbaik di Indonesia yang menyediakan layanan kirim paket kendaraan bermotor. Sebagian besar masyarakat Tanah Air kerap mempercayakan perusahaan tersebut untuk mengirimkan sepeda motor miliknya. Pasalnya cara kirim motor lewat JNE dianggap cukup mudah daripada jasa ekspedisi lainnya.

Meskipun begitu beberapa pelanggan baru seringkali mengalami kebingungan terhadap cara mengirimkan motor lewat jasa ekspedisi JNE. Pada dasarnya untuk kirim kendaraan bermotor di perusahaan ini, kalian harus melewati beberapa tahapan. Cara mengirim sepeda motor lewat JNE antara lain:

1. Menyiapkan dokumen

Langkah pertama di dalam cara mengirim motor lewat JNE adalah menyiapkan dokumen. Berkas-berkasnya mencakup Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), bukti kepemilikan sah serta kartu identitas diri seperti KTP atau SIM.

2. Packing Motor

Kemudian pastikan motor dalam keadaan bersih, tangki bahan bakar hampir kosong atau kosong sepenuhnya, matikan alarm, kunci kontak, kunci stang roda depan agar tidak berputar. Jika sudah maka kalian bisa melakukan pengemasan motor.

3. Kunjungi Kantor JNE Terdekat

Apabila motor sudah dikemas dengan baik, maka langkah berikutnya adalah mengunjungi kantor JNE terdekat untuk menyerahkan paket. Namun pihak jasa ekspedisi juga menyediakan layanan penjemputan barang. Apabila tidak sempat mengunjungi nya, maka bisa memanfaatkan pelayanan jemput paket ini.

4. Isi Formulir

Setelah sampai di kantor JNE terdekat, pelanggan diminta guna melakukan pengisian formulir pengiriman paket kendaraan bermotor. Hal itu meliputi alamat penerima dan pengirim, jenis pengiriman serta beberapa informasi yang dibutuhkan.

5. Membayar Biaya

Setelah mengisi formulir, langkah selanjutnya adalah membayarkan biaya ongkir di mana sudah ditentukan oleh JNE. Ongkos kirim ini ditentukan sesuai berat, dimensi serta lokasi tujuan pengiriman.

6. Menerima Nomor Resi

Selesai, cara mengirim motor lewat JNE berhasil dilakukan. Setelah membayar biaya ongkir, nantinya pelanggan akan mendapatkan nomor resi. Hal tersebut dapat digunakan untuk memantau maupun mengawasi perjalanan paket selama pengiriman.

Biaya Kirim Motor Lewat JNE

Selain cara ataupun syaratnya, penting bagi pelanggan guna mengetahui terkait besaran biaya ongkos kirim motor lewat JNE. Mengingat hal tersebut bisa dijadikan sebagai acuan untuk menyiapkan biayanya.

Adapun kami menyiapkan informasi mengenai besaran biaya mengirim motor lewat JNE berdasarkan harga per 10 kg. Jadi bila kendaraan bermotor melebihi harga per 10 kg akan dipatok tarif tambahan sesuai kelipatan. Berikut tarif minimal di setiap kota tujuan pengiriman.

  • Purwokerto – Semarang: Rp 300.000
  • Salatiga – Balikpapan:Rp 2.650.000
  • Jambi – Yogyakarta: Rp 1.600.000
  • Bogor – Serang: Rp 500.000
  • Surabaya – Bojonegoro: Rp 600.000
  • Kudus – Cirebon: Rp 600.000
  • Kendari – Makassar: Rp 1.050.000
  • Banjarmasin – Palangkaraya: Rp 1.200.000
  • Pekanbaru – Medan: Rp 500.000
  • Depok – Bandar Lampung: Rp 500.000
  • Gresik – Denpasar: Rp 700.000
  • Semarang – Tangerang: Rp 600.000
  • Yogyakarta – Pekalongan: Rp 200.000
  • Malang – Surabaya: Rp 200.000
  • Jakarta – Bandung: Rp 500.000

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai syarat, biaya beserta cara kirim motor lewat JNE. Demikianlah ulasan singkat ini semoga dapat bermanfaat bagi Anda di mana ingin mengirimkan kendaraan bermotor melalui jasa ekspedisi tersebut.

Bagikan:

Photo of author

Giring Saputra

Seorang yang berpengalaman di bidang layanan dan jasa ekspedisi pengiriman paket Indonesia. Sekarang aktif menjadi penulis artikel di website Tomorrowsuite.com.