Cara Kirim Koper Lewat JNE 2024, Syarat dan Biaya Ongkir

Ajiz Cahyono

Jasa ekspedisi JNE menyediakan berbagai produk atau layanan kirim paket, mulai dari dokumen, tanaman, hewan paket kecil, sedang hingga besar sekalipun seperti koper. Sebagai konsumen baru tentu belum mengetahui seperti apa syarat ketentuan dan berapa biaya pengiriman koper lewat JNE.

Ada banyak sekali informasi yang wajib diketahui ketika kalian akan mengirim koper lewat JNE. Mulai dari persiapan packing, perhitungan berat, volume maupun ongkos kirim sekalipun. Namun bagaimana cara kirim koper lewat JNE Express bagi pemula?

Dikarenakan koper termasuk pengiriman barang berukuran berat dan besar, pihak JNE akan menawarkan produk atau layanan yang sesuai. Cara kirim koper lewat JNE dapat digunakan untuk jarak pengiriman dekat (dalam kota) maupun jarak pengiriman jauh (luar kota, antar provinsi maupun antar pulau sekalipun).

Nah pada artikel kali ini, Tomorrowsuite.com akan menyajikan rangkuman lengkap terkait cara kirim koper lewat JNE Express bagi pemula. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu penjelasan apakah bisa mengirim koper di JNE Express berikut ini.

Apakah Bisa Kirim Koper di JNE?

Apakah Bisa Kirim Koper di JNE

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa JNE menyediakan layanan atau service untuk pengiriman paket berukuran besar dan berat. Salah satu barang kiriman yang dikhususkan menggunakan layanan JNE tersebut yaitu untuk pengiriman koper (dengan kondisi kosong maupun isi).

Biasanya konsumen mengirim koper menggunakan layanan JNE Trucking (JTR). Selain dapat digunakan untuk kirim paket dengan berat minimal 10 Kg – 150 Kg, JNE JTR Trucking juga memberlakukan perhitungan volume metrik yang cukup murah.

Nah untuk mengetahui apa saja syarat dan ketentuan mengirim koper lewat JNE Express, silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Syarat Ketentuan Kirim Koper di JNE

Syarat Ketentuan Kirim Koper di JNE

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipahami konsumen ketika akan kirim koper lewat JNE. Misalnya mengenai berat koper, perhitungan dimensi atau volume metrik, asuransi perlindungan maupun ketentuan biaya Surcharge. Berikut adalah syarat dan ketentuan mengirim koper lewat JNE Express:

  • Jenis kiriman yang dapat menggunakan JNE Trucking adalah dokumen, paket atau barang dalam ukuran besar dan berat (salah satunya koper) dengan tarif minimal 10 Kg berdasarkan tarif ongkir kota tujuan.
  • Apabila paket koper dibawah 10 Kg maka akan dikenakan tarif dasar 10 Kg.
  • Apabila paket koper di atas 10 Kg maka berlaku kelipatan harga per Kg sesuai kota tujuan.
  • Jika berat aktual koper kurang dari 1,3 Kg maka akan dibulatkan menjadi 1 Kg.
  • Jika berat aktual koper lebih dari 1,3 Kg maka akan dibulatkan menjadi 2 Kg.
  • Jika berat koper kurang dari 10 Kg, maka ongkir akan dihitung tetap 10 Kg.
  • Perhitungan dimensi atau volume metrik kirim koper lewat JTR yaitu PxLxT (dalam cm) di kali 1 Kg dibagi 5.000.
  • Jika koper memiliki nilai tinggi, disarankan menggunakan asuransi perlindungan pengiriman dengan perhitungan premi: 0,5% x nilai barang + Rp 5.000.

Nah selain ketentuan biaya ongkir berdasarkan dimensi, volume metrik dan asuransi perlindungan, kalian juga perlu ketahui besaran biaya Surcharge dan Packing tambahan yang diberlakukan di JNE. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai total biaya pengiriman koper lewat JNE.

Biaya Pengiriman Koper Lewat JNE

Berbicara mengenai biaya total pengiriman koper lewat JNE yaitu merupakan jumlah antara biaya kiriman berdasarkan berat, volume metrik, asuransi perlindungan, biaya Surcharge dan biaya packing kayu tambahan.

Sebagai gambaran berikut akan kami sajikan ketentuan biaya Surcharge dan biaya Packing tambahan ketika mengirim koper lewat JNE:

  • Untuk kirim koper dengan berat lebih dari 250 Kg akan dikenakan Biaya Surcharge dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Berat koper 0 – 249 Kg= bebas biaya Surcharge
    • Berat koper 250 – 299 Kg= dikenakan biaya Surcharge sebesar Rp 150.000
    • Berat koper 300 – 399 Kg= dikenakan biaya Surcharge sebesar Rp 200.000
    • Berat koper 400 – 499 Kg= dikenakan biaya Surcharge sebesar Rp 300.000
    • Berat koper lebih dari 500 Kg= dikenakan biaya Surcharge sebesar Rp 600.000 atau disesuaikan dengan biaya untuk kebutuhan alat digunakan dalam penanganan kirim koper tersebut.

Berbicara mengenai biaya Surcharge di atas, apabila dalam 1 connote tercatat berat total 250 Kg dengan total 5 koli (paket), maka tidak akan dikenakan biaya Surcharge. Kemudian untuk biaya Packing kayu (tambahan) akan diberlakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • PxLxT (cm) di bagi 1.000.000= ….m3 x Rp 400.000 (untuk Packing kayu / Crate)
  • PxLxT (cm) di bagi 1.000.000= ….m3 x Rp 650.000 (untuk Packing kayu Triplek)
  • Packing Kayu 1 (tidak dilapisi Styrofoam):
    • (P+13) x (L+5) x (T+5) x 1 Kg dibagi 6.000
  • Packing Kayu 2 (dilapisi Full Styrofoam):
    • (P+17) x (L+9) x (T+9) x 1 Kg dibagi 6.000
  • Packing Kayu 3 (dilapisi Full Styrofoam dan Bubble Wrap):
    • (P+19) x (L+12) x (T+12) x 1 Kg dibagi 6.000

Nah dari keterangan biaya Surcharge dan Packing kayu di atas, dapat disimpulkan bahwa umumnya biaya total biaya kirim koper lewat JNE berkisar mulai dari Rp 65.000 – Rp 1.600.000. Dengan rincian sebagai berikut:

Contoh Perhitungan

Pengiriman koper dari Kota Purwokerto, Banyumas tujuan ke Kota Jakarta Timur dengan berat 10 Kg.
LayananTarifEstimasi Waktu Sampai
JTRRp 65.0004 – 5 Hari
JTR <130 KgRp 700.0004 – 5 Hari
JTR >130 KgRp 1.200.0004 – 5 Hari
JTR <200 KgRp 1.600.0004 – 5 Hari

Estimasi biaya ongkir dan waktu sampai di atas berhasil kami kutip dari website resmi jne.co.id. Apabila terdapat perbedaan biaya ongkir maupun estimasi waktu sampai, hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya perubahan ketentuan berlaku di ekspedisi JNE (JTR).

Namun secara umum, berapa lama pengiriman JNE JTR tentunya akan disesuaikan dengan beberapa faktor. Mulai dari jarak pengiriman, kondisi medan maupun faktor lainnya dari layanan JNE Trucking itu sendiri.

Nah setelah ketahui beberapa informasi di atas, sekarang bagaimana cara mengirim koper lewat JNE JTR? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Kirim Koper Lewat JNE

Tidak berbeda jauh seperti mengirim paket lewat JNE lainnya, mengirim koper di lewat JNE Trucking juga dapat dimulai dari mengecek ketersediaan layanan ke kota tujuan, mengecek ongkir, Packing hingga penyerahan paket koper ke agen JNE terdekat. Berikut adalah cara kirim koper lewat JNE JTR bagi pemula:

1. Cek Ketersediaan Layanan

Langkah pertama silahkan cek ketersediaan layanan JNE JTR untuk mengirim paket koper. Misalnya dengan hubungi kantor JNE, agen atau cabang terdekat. Lalu tanyakan kepada petugas Sales Counter Office, apakah di agen terdekat tersedia layanan pengiriman koper. Pastikan kota tujuan kirim koper sudah terjangkau atau masuk area coverage layanan JTR.

2. Cek Ongkir JTR

Langkah kedua silahkan lakukan cek ongkir mengirim koper lewat JTR. Kalian bisa cek ongkir JNE lewat website resmi, lewat aplikasi MyJNE maupun lewat panggilan ke customer service JNE.

3. Lakukan Packing Koper

Langkah ketiga silahkan lakukan Packing koper secara kuat agar aman. Misalnya dengan Packing koper menggunakan kayu dilapisi Styrofoam maupun Bubble Wrap di bagian dalam. Pastikan pengemasan paket sudah aman dari benturan maupun aman dari air.

4. Kunjungi Agen JNE

Langkah keempat silahkan datang ke alamat kantor agen JNE terdekat yang melayani JTR. Setelah itu silahkan sampaikan ke petugas Sales Counter Officer JNE bahwa kalian akan kirim paket berupa koper.

5. Pesan Pengiriman Koper

Selanjutnya silahkan lakukan pemesanan order pengiriman koper di agen JNE tersebut. Pastikan kalian sudah memahami syarat ketentuan, biaya dan informasi lainnya terkait pengiriman koper lewat JNE.

6. Bayar Biaya Ongkir

Langkah selanjutnya silahkan bayarkan biaya ongkos kirim koper sesuai tarif ongkir yang diberlakukan. Apabila koper tersebut memiliki nilai tinggi, alangkah baiknya gunakan asuransi perlindungan.

7. Dapatkan Resi Kirim Koper

Kemudian setelah biaya ongkos kirim koper dibayarkan, nantinya pihak ekspedisi akan memproses Request pesanan kiriman tersebut. Lalu silahkan minta nomor resi kirim koper setelah pesanan pengiriman di proses petugas.

8. Tracking Kirim Koper

Nah sekarang kalian sudah berhasil kirim koper lewat JNE JTR, silahkan lakukan cek resi JNE pengiriman koper tersebut secara berkala untuk mendapatkan status pengiriman ter update.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara kirim koper lewat JNE dapat menggunakan layanan JNE Trucking. Layanan JNE Trucking untuk mengirim koper memiliki keuntungan biaya ongkir cukup murah, keamanan cukup terjaga dan estimasi waktu sampai tidak terlalu lama.

Dalam mengirim koper lewat JNE, kalian bisa manfaatkan untuk jarak pengiriman dekat (dalam kota) dan jarak pengiriman jauh (luar kota hingga luar pulau). Biaya pengiriman koper lewat JNE akan disesuaikan dengan jenis layanan JTR digunakan maupun sesuai dengan biaya tambahan berupa Packing Kayu dan biaya Asuransi Perlindungan.

Bagikan:

Photo of author

Ajiz Cahyono

Menjadi seorang penulis di website telah menjadi karir saya selama lebih dari 5 tahun. Sampai saat ini masih aktif sebagai penulis di beberapa website, salah satunya Tomorrowsuite.com.