Cara Cek Ongkir JNE Reg, OKE, YES dan Cargo Per Kilogram

Ajiz Cahyono

Sebelum menggunakan layanan pengiriman di JNE Express alangkah baiknya lakukan cek ongkir terlebih dahulu. Terlebih lagi bagi kalian pelanggan atau konsumen baru menggunakan jasa ekspedisi JNE. Tentunya belum ketahui besaran tarif kirim barang per kilogram di JNE untuk jarak terdekat dan terjauh.

Selain untuk mengetahui harga pengiriman paket, cek ongkir juga bisa dimanfaatkan untuk ketahui apa saja produk dan layanan tersedia. Misalnya untuk ketahui apakah bisa menggunakan layanan JNE Reguler, Trucking, OKE, YES dan Cargo.

Dengan ketahui apa saja produk pengiriman yang tersedia, nantinya kalian bisa ketahui total biaya ongkir, estimasi waktu sampai maupun jangkauan wilayah pengiriman. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi calon pengirim paket lewat ekspedisi JNE.

Nah pada artikel kali ini, Tomorrowsuite.com akan merangkum tentang cara cek ongkir JNE Express per kilogram untuk semua jenis layanan. Namun sebelum masuk ke cara mengecek ongkir JNE, silahkan simak ulasan mengenai beberapa syarat berikut ini.

Syarat Cek Tarif JNE Express

Syarat Cek Tarif JNE Express
Source: kompas.com

Beberapa syarat melakukan cek harga kirim paket di JNE Express diantaranya seperti data pengiriman, perangkat digunakan, jaringan internet dan beberapa persyaratan lainnya. Beberapa persyaratan tersebut wajib disiapkan sebelum melakukan cek ongkos kirim di JNE. Berikut adalah persyaratan mengecek ongkos kirim barang di JNE Express.

Perangkat

Syarat cek ongkos kirim JNE Express pertama yakni mengenai perangkat. Kalian bisa gunakan perangkat Smartphone Android, iPhone maupun menggunakan komputer.

Selain itu, pastikan juga perangkat digunakan sudah tersambung koneksi internet lancar dan stabil. Syarat ini wajib dipenuhi apabila akan cek ongkos kirim di JNE secara online.

Area Coverage

Syarat cek ongkos kirim JNE Express kedua yaitu mengenai area coverage. Alangkah baiknya kalian sudah ketahui mana saja wilayah yang terjangkau oleh pengiriman ekspedisi JNE. Baik untuk jangkauan wilayah kirim paket JNE dalam negeri maupun luar negeri.

Kota Awal

Syarat cek ongkir JNE ketiga yakni tentang data pengiriman sebagai kota awal. Silahkan nama kota awal sebagai lokasi pengiriman paket di JNE. Kalian bisa gunakan nama kota, kabupaten maupun secara lebih detail menggunakan nama kecamatan.

Kota Tujuan

Syarat cek tarif JNE keempat yaitu mengenai data pengiriman sebagai kota tujuan. Hal ini tidak berbeda jauh dengan memasukkan kota awal. Yaitu bisa memasukkan nama kota, kabupaten maupun lebih rinci lagi dengan memasukkan nama kecamatan.

Berat Barang

Syarat cek harga pengiriman di JNE selanjutnya yaitu mengenai berat barang. Persyaratan ini wajib disiapkan ketika akan mengecek ongkir di JNE. Pasalnya pada semua metode cek tarif ongkir JNE membutuhkan data pengiriman berat dengan satuan kilogram. Misalnya mulai dari 1 Kg, 2 Kg, 3 Kg dan seterusnya.

Dimensi Paket

Syarat mengecek ongkir JNE Express selanjutnya yaitu tentang dimensi paket. Sehingga selain menyiapkan data berat paket, pada beberapa metode cek ongkir juga membutuhkan data dimensi paket. Misalnya seperti dimensi panjang, lebar dan tinggi kemasan paket yang akan dikirim via JNE.

Produk Pengiriman

Persyaratan cek ongkos kirim JNE Express selanjutnya yakni mengenai produk dan layanan pengiriman. Ketika akan cek ongkos kirim, tentunya kalian juga ingin ketahui jenis layanan pengiriman JNE tersedia atau tidak. Sehingga sebelum cek ongkir, alangkah baiknya kalian sudah tetapkan produk pengiriman apa yang diinginkan.

Layanan Pengiriman

Selain menyiapkan pilihan produk pengiriman seperti Reguler, YES, JTR (Trucking atau Cargo), alangkah baiknya kalian juga sudah menyiapkan layanan apa yang akan digunakan. Misalnya seperti jenis layanan kiriman paket, dokumen maupun pemilihan layanan moda transportasi darat laut dan udara.

Nah setelah ketahui persyaratan cek tarif pengiriman JNE, sekarang berapa besaran tarif paket JNE per kilogram untuk jarak terdekat dan terjauh? silahkan simak ulasannya berikut ini.

Tarif Paket JNE Per Kilogram

Tarif Paket JNE Per Kilogram
Source: antaranews.com

Mengetahui besaran harga kirim paket JNE per kilogram dapat digunakan sebagai patokan ketika akan menggunakan JNE sebagai jasa ekspedisi. Baik harga paket JNE per kilogram untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Berikut adalah kisaran harga kirim paket JNE per kilogram terdekat dan terjauh:

Ongkir JNE Terdekat

Untuk jarak pengiriman JNE terdekat akan kami beri contoh tarif ongkir JNE per kilogram dari kota Purwokerto – Cilacap. Daftar tarif kirim paket JNE per kilogram untuk jarak terdekat adalah sebagai berikut:

LayananJenis KirimanOngkirEstimasi Sampai
JTRPaketRp 55.0004 – 5 hari
JTR250PaketRp. 700.0004 – 5 hari
JTR<150PaketRp 500.0004 – 5 hari
JTR>250PaketRp 900.0004 – 5 hari
OKEPaket / DokumenRp 11.0002 – 3 hari
REGPaket / DokumenRp 12.0001 – 2 hari

Ongkir JNE Terjauh

Untuk jarak pengiriman JNE terjauh akan kami beri contoh tarif ongkir JNE per kilogram dari kota Purwokerto – Malang. Daftar tarif kirim paket JNE per kilogram untuk jarak terjauh adalah sebagai berikut:

LayananJenis KirimanOngkirEstimasi Sampai
JTRPaketRp 60.0005 – 6 hari
JTR250PaketRp. 950.0005 – 6 hari
JTR<150PaketRp 600.0005 – 6 hari
JTR>250PaketRp 1.300.0005 – 6 hari
OKEPaket / DokumenRp 20.0002 – 3 hari
REGPaket / DokumenRp 22.0001 – 2 hari

Perlu digarisbawahi, bahwa tabel tarif ongkir di atas hanyalah gambaran yang diberikan oleh pihak JNE terkait tarif per kilogram untuk jarak terdekat dan terjauh. Kisaran harga kirim paket per kilogram bisa saja berubah tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Nah setelah ketahui syarat dan besaran harga ongkir JNE per kilogram, sekarang bagaimana cara mengecek ongkir di JNE Express? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Cek Ongkir JNE Express

Tidak berbeda jauh dengan cara cek ongkos kirim di ekspedisi lainnya, JNE juga menyediakan fitur pengecekan ongkos kirim lewat website resminya. Sehingga para konsumen bisa melakukan cek ongkir dengan mudah secara online, gratis dan tanpa ribet. Cara mengecek tarif ongkir JNE Express untuk semua layanan adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Data Pengiriman

Siapkan Data Pengiriman

Langkah pertama silahkan siapkan semua data pengiriman paket yang akan di cek ongkir nya. Misalnya dengan menyiapkan nama kota pengirim, nama kota penerima, berat dan dimensi paket.

Untuk mendapatkan hasil cek ongkir secara akurat, alangkah baiknya kalian gunakan alamat nama kabupaten dan kota. Misalnya seperti kabupaten Soreang Bandung, Purwokerto Banyumas, Semarang dan lain sebagainya.

2. Kunjungi Website Resmi JNE

Kunjungi Website Resmi JNE

Langkah kedua silahkan kunjungi halaman resmi website JNE Indonesia. Yaitu dengan cara buka menu web browser di HP maupun PC, lalu ketik cek tarif JNE. Atau bisa juga dengan klik tautan https://www.jne.co.id/.

3. Pilih Fitur Cek Tarif Ongkir

Pilih Fitur Cek Tarif Ongkir

Langkah kedua silahkan masuk ke menu cek ongkir di website resmi JNE Express Indonesia. Yaitu dengan klik fitur Cek Tarif Ongkir. Setelah itu, nantinya kalian diarahkan ke halaman memasukkan data pengiriman paket JNE.

4. Masukkan Kota Awal

Masukkan Kota Awal

Langkah keempat silahkan memulai memasukkan informasi pengiriman yang akan di cek ongkir nya. Yaitu dimulai dengan memasukkan nama kota awal sebagai alamat pengirim paket. Silahkan ketuk kolom kota awal, lalu ketik nama kota pengirim.

5. Masukkan Kota Tujuan

Masukkan Kota Tujuan

Langkah selanjutnya silahkan masukkan informasi kota penerima paket JNE. Yaitu dengan ketuk kolom kota tujuan, lalu ketik nama kota penerima paket JNE. Silahkan masukkan nama kota secara lebih rinci, agar bisa mendapatkan hasil cek tarif JNE secara akurat.

6. Isi Berat Paket

Isi Berat Paket

Setelah itu, silahkan masukkan berat barang yang akan dikirim via JNE Express. Yaitu dengan ketuk kolom berat barang, lalu ketik berat dalam satuan kilogram, misalnya dengan ketik 1, 2, 3 dan seterusnya.

Pastikan kalian memasukkan estimasi berat sesuai dengan berat paket akan dikirimkan lewat JNE. Sehingga hasil cek ongkir lebih akurat dan valid.

7. Lakukan Cek Tarif

Lakukan Cek Tarif

Kemudian setelah semua informasi pengiriman sudah di input, silahkan lanjutkan cek ongkir. Yaitu dengan ketuk tombol Check di bagian bawah informasi pengiriman barang di JNE.

8. Selesai Cek Ongkir JNE

Selesai Cek Ongkir JNE

Nah sekarang kalian sudah berhasil mengecek ongkir JNE Express sesuai data pengiriman yang di input. Pada hasil cek ongkir akan muncul beberapa informasi seperti kota pengirim dan tujuan, berat paket, nama layanan tersedia, jenis kiriman tersedia, tarif per layanan dan estimasi waktu sampai dari masing-masing layanan.

Source Tutorial: jne.co.id

Alternatif Cek Ongkos Kirim JNE

Selain lacak ongkir JNE via website resmi, ada beberapa alternatif lainnya yang dapat dilakukan. Misalnya menggunakan aplikasi MyJNE, situs penyedia cek ongkir maupun mengunjungi counter terdekat sesuai domisili.

Menggunakan beberapa alternatif ini kalian juga perlu siapkan beberapa syarat. Baik informasi pengiriman barang, perangkat sudah tersambung jaringan internet maupun mengetahui lokasi gerai JNE terdekat. Alternatif cek ongkir JNE Express di HP dan Laptop adalah sebagai berikut:

Aplikasi MyJNE

Aplikasi MyJNE
Source: Google PlayStore

Alternatif cek biaya pengiriman barang di JNE pertama yakni lewat aplikasi MyJNE. Silahkan download dan install aplikasi MyJNE via Google PlayStore bagi pengguna Android dan di App Store bagi pengguna iOS. Lalu lakukan cek ongkir lewat fitur Check Tarif. Cara mengecek ongkir lewat aplikasi JNE adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi MyJNE, setelah itu lakukan masuk ke akun yang telah dibuat sebelumnya. Jika belum memiliki akun MyJNE, maka lakukan daftar akun terlebih dahulu.
  • Langkah kedua silahkan masuk ke menu mengecek biaya kirim paket di JNE. Yaitu dengan cara ketuk fitur Check Tarif.
  • Langkah ketiga silahkan masukkan data pengiriman barang di JNE, yaitu dengan memasukkan:
    – Nama kota pengirim di kolom Origin.
    – Nama kota penerima di kolom Destination.
    – Masukkan berat paket
    – Masukkan dimensi paket
  • Setelah semua informasi pengiriman sudah di input, silahkan lanjutkan cek harga ongkir. Yaitu dengan cara ketuk tombol Search Tarif.
  • Nah sekarang kalian akan diarahkan ke halaman hasil pelacakan ongkir di JNE.

Call Center

Call Center
Source: instagram.com

Alternatif cek biaya kirim JNE kedua yaitu dengan hubungi call center. Untuk mengecek tarif ongkir via call center, kalian bisa hubungi lewat panggilan telepon 021 2927888, email maupun kontak lainnya.

Setelah tersambung customer service JNE, silahkan tanyakan biaya ongkir sesuai dengan nama kota pengirim dan penerima. Selain itu, sampaikan juga berat paket dan jenis layanan JNE apa yang diinginkan. Menghubungi call center JNE juga bisa dimanfaatkan untuk menanyakan biaya kirim barang lainnya seperti:

  • Jasa kirim HP
  • Laptop
  • Buah
  • Hewan
  • Motor
  • STNK
  • Surat berharga dan beberapa barang lain.

Sehingga dengan begitu nantinya pihak CS JNE akan memberikan kisaran harga ongkir secara rinci. Baik untuk pengiriman barang ke wilayah lokal maupun Internasional. Hasil cek ongkos kirim ini tidak berbeda jauh hasilnya pada beberapa metode cek sebelumnya.

Situs Cek Ongkir

Situs Cek Ongkir
Source: pluginongkoskirim.com

Alternatif cek ongkir JNE selanjutnya yakni melalui situs penyedia cek ongkir. Kalian bisa gunakan situs penyedia cek ongkir yang bisa ditemukan lewat pencarian Google. Menggunakan cara ini, kalian juga perlu siapkan detail pengiriman seperti alamat, berat maupun dimensi paket.

Untuk mengisi detail pengiriman paket ini juga tidak berbeda jauh dengan yang ada di website resmi JNE. Yaitu dimulai dari masukkan alamat asal, alamat tujuan dan berat paket. Setelah itu lakukan cek ongkir dan dapatkan hasil cek ongkir secara lengkap sesuai jenis layanan tersedia. Baik JNE Express Reg, YES, OKE, Trucking maupun lainnya.

Kantor Terdekat

Kantor Terdekat
Source: cepatlakoo.com

Sebagai alternatif terakhir ketika cek ongkos kirim paket, kalian bisa kunjungi kantor JNE terdekat. Untuk mendapatkan alamat lengkap counter JNE terdekat, silahkan kunjungi laman https://www.jne.co.id/hubungi-kami. Lalu cari dan pilih gerai JNE terdekat sesuai kota domisili.

Setelah itu, silahkan temui petugas counter JNE seperti admin, CS, kurir dan lainnya. Lalu sampaikan bahwa kalian akan mengecek ongkir ke alamat tujuan sesuai dengan jenis layanan akan digunakan.

Biaya Cek Tarif JNE

Biaya Cek Tarif JNE
Source: hitoko.co.id

Melakukan cek ongkos kirim di JNE, siapapun tidak akan dikenakan biaya administrasi apapun alias gratis. Namun apabila mengecek harga ongkir via panggilan call center, maka pelanggan akan dikenakan biaya berupa pulsa. Kisaran pulsa yang dibutuhkan untuk cek ongkos kirim via call center JNE yaitu mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

Nah setelah ketahui beberapa cara mengecek ongkir JNE Express di atas, sekarang apa saja kelebihan dan kekurangan mengecek ongkir JNE bagi pengirim dan penerima paket? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cek Ongkir JNE

Kelebihan dan Kekurangan Cek Ongkir JNE
Source: kuriran.id

Melakukan cek ongkos kirim JNE dapat bermanfaat bagi konsumen sebagai pembeli maupun sebagai penjual di aplikasi jual beli online (E-Commerce). Berikut adalah kelebihan dan kekurangan cek ongkos kirim JNE:

Kelebihan

  • Memudahkan konsumen untuk mendapatkan besaran biaya pengiriman di JNE.
  • Memudahkan konsumen untuk ketahui apa saja jenis produk dan layanan tersedia di JNE sesuai lokasi pengiriman.
  • Untuk mengetahui estimasi waktu sampai pada setiap jenis produk pengiriman JNE.
  • Sebagai kalkulasi ketika akan mengirimkan paket dalam kota, luar kota seperti ke kalimantan, sumatera dan lainnya. Bahkan untuk cek ongkir sampai ke luar negeri seperti ke Malaysia, Singapura dan lainnya.
  • Mengecek ongkir lewat panggilan call center JNE bisa dimanfaatkan untuk ketahui tarif ongkir menggunakan layanan COD maupun untuk menanyakan layanan apa dengan tarif ongkir termurah.

Kekurangan

  • Cek ongkos kirim JNE lewat website resmi pada beberapa destinasi tidak bisa muncul hasil.
  • Perlu menggunakan perangkat tersambung ke jaringan internet apabila akan cek ongkir secara online.
  • Untuk cek ongkos kirim secara offline, konsumen perlu mengunjungi gerai JNE terdekat.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara cek ongkir JNE Express bisa dilakukan secara online lewat website resmi, aplikasi MyJNE, panggilan call center maupun memanfaatkan situs cek ongkir online. Mengecek ongkos kirim bisa dilakukan untuk produk dan layanan seperti JNE Reguler, YES, OKE, JTR (Trucking atau Cargo) dan beberapa layanan pengiriman JNE lainnya.

Semoga pembahasan di atas tentang cara mengetahui biaya kirim paket JNE dapat bermanfaat bagi kalian semua yang akan menggunakan jasa ekspedisi JNE. Baik untuk cek ongkir jarak terdekat maupun terjauh sekalipun.

Bagikan:

Photo of author

Ajiz Cahyono

Menjadi seorang penulis di website telah menjadi karir saya selama lebih dari 5 tahun. Sampai saat ini masih aktif sebagai penulis di beberapa website, salah satunya Tomorrowsuite.com.